March 08, 2008

ide

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah post di milist tentang pameran batik digital. Cukup menarik sebab belum pernah melihat pameran batik seperti ini, meskipun pada prakteknya saya sudah beberapa kali mengolah desain batik dengan format digital atau dengan bantuan photoshop.

Beberapa karya sangat menarik karena motif batik tidak lagi diaplikasikan pada produk dengan material utama kain seperti yang pada umumnya ditemui. Motif batik di atap pom bensin, cover laptop, casing HP, pintu lift, mesin ATM, sol sepatu, hingga pada bungkus rokok dan tampilan sebuah software. Untuk jelasnya buka saja blog dengan subjek berjudul BATIKAHOLIC ini disini.

Terlepas dari nilai-nilai yang ada pada motif batik (tertentu), ide desain ini akan menyegarkan jika sampai benar dapat direalisasikan, setelah bosan dengan desain batik kontemporer rancangan para fashion designer lokal yang terlihat tipikal dan gitu-gitu aja. Sekarang jelas, ide yang baik akan membuat desain yang sudah ada menjadi semakin baik, begitupun sebaliknya.





::sebuah desain batik rancangan saya yang diaplikasikan pada koper berbentuk segi tiga.(kalo desain yang ini benar-benar sudah diwujudkan)::

No comments: